Juknis Penulisan

Jurnal yang disampaikan dapat berupa penelitian empiris maupun studi literatur yang dinilai signifikan dalam berkontribusi pada tujuan jurnal. Penulis diwajibkan menyampaikan tulisannya melalui OJS Jurnal Persaingan Usaha di jurnal.kppu.go.id atau melalui surat elektronik kepada Tim Sekretariat Jurnal KPPU di [email protected], dengan melampirkan berbagai dokuman yang ditentukan. Tim Redaksi tidak menerima jurnal yang tidak memenuhi berbagai kriteria yang ditetapkan.

 

Penulisan jurnal harus mengikuti urutan sebagai berikut:

  1. Judul jurnal. Judul jurnal harus jelas, menarik, dan informatif serta tidak lebih dari 12 (dua belas) kata.
  2. Nama penulis dan Pos Elektronik. Nama penulis harus ditulis dan diikuti oleh alamat pos elektronik (e-mail), tanpa mencantumkan gelar akademiknya, dengan Afiliasi penulis. Untuk tulisan yang melibatkan lebih dari satu penulis, maka salah satu penulis harus dinyatakan sebagai penulis korespondensinya, dengan maksimal 3 (tiga) penulis.
  3. Abstrak dan kata kunci. Abstrak harus kurang dari 200 kata, dan dengan ditulis dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia serta disertai dengan 4 (empat) kata kunci yang relevan untuk pencarian jurnal ke depan. Abstrak terdiri dari 1 paragraf.

 

Format penulisan jurnal mengikuti ketentuan berikut:

  1. Naskah diketik dengan mempergunakan format MS-Word di atas kertas A4, dengan huruf Noto Sans ukuran 10, dengan spasi 1,0, menggunakan format dua kolom, berbatas tepi atas 2,5 cm; kiri 2,5 cm; bawah 2,5 cm; kanan 2,5 cm.
  2. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar, terdiri dari 5.000 - 8.000 kata, termasuk gambar, grafik atau tabel (jika ada) yang menyertainya. Maksimal 20 halaman.
  3. Naskah disimpan dengan format penyimpanan: JPU_topik_nama. (Cth: JPU_hukum persaingan usaha_Kompid)
  4. Naskah mengacu pada sistematika sebagai berikut:
    • Judul; Nama Penulis (termasuk afiliasi dan pos elektronik);
    • Abstrak;
    • Kata kunci (dalam Bahasa Indonesia dan Inggris);
    • Pendahuluan (berisi latar belakang masalah, permasalahan, serta metode dan tujuan penelitian);
    • Hasil Penelitian dan Pembahasan;
    • Kesimpulan (berisi simpulan dan saran);
    • Ucapan terima kasih (acknowledgment) jika ada;
    • Daftar Pustaka (mengikuti IEEE Reference Manager Style).
  5. Maksimal jumlah penulis dalam satu judul Jurnal adalah 3 (tiga) penulis.

 

Pengiriman naskah:

Pengiriman naskah yang belum direviu ke [email protected] atau langsung ke OJS Jurnal Persaingan Usaha di jurnal.kppu.go.id